Mau dapetin update artikel terbaru dari Ceritaperut? Daftar di bawah ini :

* indicates required

Sabtu, 20 Oktober 2012

Wisata Kuliner : Satu lagi tempat makan ramen yang ga boleh terlewatkan :)

Lanjut ngomongin RAMEN... (ga ada habisnya nih ngomongin ramen :))

KYO-DAI Ramen
Address : Jl. Kelapa Gading Boulevard Blok LA-4, No. 8 , Kelapa Gading - Jakarta Utara
Phone : 021-4500509

Ini warung mie Jepang yang juga ada di Boulevard Kelapa Gading, the homecourt for food. Anykind of food :)

Tergolong baru, buka di awal tahun 2012 di satu kompleks ruko yang terletak tepat di seberang Mall Kelapa Gading 1. Agak memojok dan  sedikit tersembunyi karena papan namanya beradu dengan deretan papan nama ruko-ruko di sebelahnya. Letaknya ada disebelah ruko outlet Air Asia. Warung ramen ini menempati ruko 2 lantai, dengan lantai 1 berupa bar yang menghadap langsung ke dapur tempat meracik ramen. Dapurnya super bersih lho, cenderung mengkilat panci-panci dan peralatannya. Lantai dua ruangannya lega. Deretan kursi meja kayu warna cokelat bersih ditata rapi, para waitress-waiter-nya pun cekatan dalam melayani, termasuk menjelaskan satu per satu menu yang ada. Biasanya ini dilakukan untuk tamu yang baru pertama kali datang. Seperti biasa, saya pilih meja dengan colokan listrik... Fakir colokan :)

Kyodai Ramen (yang artinya 'saudara') ini buka dari jam 11.00 - 14.30 lalu  buka kembali pukul 17.30 - 22.00. Ada waktu break-nya. Jadi pastikan mampir ke warung mie Jepang ini di saat buka yah ;)

Kabarnya, kaldu untuk kuah ramen ini dimasak khusus selama 5 jam. No wonder rasa kuahnya 'tebal' dan gurih banget saat menyantap Hakata Tankotsu Ramen pesanan saya saat pertama kali berkunjung. Kuahnya kental dan cenderung pekat dengan yang wangi. Tonkotsu atau kaldu babi-nya yang didapat dari hasil rebusan selama 5 jam terasa gurih saat suapan kuah pertama masuk.

Bisa dibilang, menu ramen ini sudah cukup lengkap topping-nya. 2 slice Yakibuta-daging babi tipis panggang (said as 'melt in your mouth yakibuta) yang empuk dan lembut, menma-rebung Jepang-bamboo shoots yang difermentasi khusus, dan tetap renyah, 1 lembar nori, bayam Jepang, dan favorit saya, tamago. Tamago, atau telur setengah matang dengan kuning telur yang cair sehingga bercampur dengan kuah ramen yang kental menambah level gurih-nya. Di Kyodai Ramen, mereka klaim tamago-nya sebagai signature dish/topping. Karena dimasak dengan teknik khusus sehingga punya rasa enak yang berbeda dibanding tamago dari kedai ramen lainnya. Mie-nya kecil namun padat, home made dengan bahan-bahan yang langsung impor dari negeri asalnya. Tak lupa mereka tambahkan saus bawang putih hitam (black garlic sauce).

Kyo-Dai Shio Ramen


Seperti biasanya, saya minta extra bawang putih cincang kasar (setiap warung mie Jepang pasti menyediakannya), makin banyak makin sip! Hehehehe.. Ini soal selera juga sih, karena saya penggila bawang putih, makin terasa bawang putih di mangkuk ramen saya, makin berselera saya menikmatinya.

Satu mangkuk Ramen Hakata Tankotsu di Kyodai ini dihargai Rp 45.000,- (large) dan Rp 33.000,- namun sayang sekali saat saya berkunjung hanya ada porsi large

Selain Hakata Tonkotsu Ramen masih ada Kyodai Shio Ramen, yang saya coba dikesempatan berikutnya. Kuah kaldunya lebih light, tidak sepekat versi Tonkotsu Ramen, namun dengan topping yang sama (yakibuta-menma-nori-bayam Jepang-tamago-daun bawang). Tetap mengenyangkan. Bisa sebagai alternatif buat yang tidak terlalu suka dengan kuah yang kental.


Kyodai Ramen

Buat yang suka sayur, ada pilihan menu Yasai Ramen, yaitu ramen dengan topping aneka sayuran (wortel, kol, bawang merah, jagung, dan rebung), yang dimasak bersama dengan racikan dashi, mirin, dan soyu. Kuahnya ringan, dari kuah ikan atau ayam. Ini salah satu ramen versi halal ala Kyodai Ramen.

Selain menu ramen masih ada menu non-mie disediakan disini. Chicken Karaage (ayam goreng boneless crispy), edamame (kacang polong rebus), gyoza (siomay Jepang bakar/rebus), Katsu Don (nasi-dan pork katsu), dsb.


Kyodai Ramen_Tonkotsu Ramen

Minumnya? Ocha dingin atau panas bisa jadi pilihan yang pas tentunya. Namun sayang, disini kita harus bayar Rp 8.000,- Tapi jangan khawatir, free refill koq.

Overall, saya suka dengan racikan ramen Kyodai Ramen ini, kuahnya yang super gurih dan kental, yakibuta-nya yang tebal dan super lembut, tamago-nya yang khas, dan juga mie-nya yang padat dan kenyal membuat saya sangat terkesan.

Kembali lagi? Pasti!

Baca liputan @haryoprast soal lezatnya Ramen buatan orang Jepang asli :) klik di sini

Tweet This

0 obrolan:

Poskan Komentar

Thank you for sharing ^_^

What's Popular this Month!

Mau dapetin update artikel terbaru dari Ceritaperut? Daftar di bawah ini :

* indicates required